Saturday, January 19, 2013

MANFAAT ALPUKAT

manfaat alpukat
Seperti halnya tomat, jeruk nipis dan tumbuhan lainnya, alpukat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kita, penelitian yang dilakukan terhadap berbagai macam tumbuhan di dunia ini masih terus dilakukan sampai semuanya benar-benar terkuak.
Alpukat memiliki ciri atau bentuk kulit berwarna hijau kasar dan bentuknya mirip dengan buah pir. Meskipun buah alpukat memiliki 80 variates namun yang paling terkenal dan populer di seluruh negara berasal dari variates Hass.
Buah ini mengandung lemak yang sehat dan zat fitonutrien, selain itu kandungan vitamin K, E, D, C, B6, B5 dan vitamin A membuatnya masuk dalam golongan buah yang dianjurkan oleh para ahli gizi untuk selalu dikonsumsi setiap hari agar mendapatkan manfaat yang terkandung di dalamnya.
Agar anda tahu apa saja manfaat alpukat, berikut telah kami rangkumkan untuk anda beberapa hasil penelitian yang berkaitan dengan manfaat buah alpukat.
Untuk perawatan kulit
Alpukat banyak mengandung hidrokarbon yang tinggi yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi kulit kering dan meredakan peradangan yang terjadi pada kulit.
Jika anda sedang bermasalah dengan iritasi pada kulit, eksim, kulit bersisik dan gatal-gatal pada kulit maka buah alpukat dapat anda jadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi semua masalah yang sedang anda hadapi.
Asam linoleat yang ada padanya dapat membantu tubuh untuk melakukan proses regenerasi pada kulit, sedangkan minyak yang ada dalam buah alpukat mudah diserap oleh kulit dan dapat masuk jauh ke dalam sel kulit hingga merangsang kulit untuk memproduksi kolagen.
Kolagen sangat diperlukan untuk menghilangkan garis-garis halus pada kulit. Selain itu semua, penelitian menunjukkan bahwa alpukat bermanfaat untuk menurunkan resiko terhadap kanker kulit. Ada beberapa tips menggunakan buah alpukat untuk perawatan kulit, berikut di antaranya:
  1. Gunakan 2 atau empat buah alpukat lalu gosokkan langsung ke kulit sekali dalam seminggu.
  2. Haluskan buah alpukat dengan cara diblender atau ditumbuk lalu campurkan sedikit susu cair, oleskan secara merata ke bagian kulit dan diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.
  3. Makanlah alpukat minimal 3 kali dalam seminggu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak, menghilangkan bintik hitam di wajah dan menyingkirkan kerutan-kerutan di kulit.
Jika anda sering membeli produk kecantikan dan cermat melihat apa saja kandungan yang ada di dalam produk tersebut, anda tentu sering menemukan kandungan alpukat di dalam produk tersebut. Di atas merupakan beberapa manfaat alpukat untuk kecantikan.
Untuk Kesehatan
Selain bermanfaat untuk perawatan kulit seperti yang telah kami jelaskan di atas, buah alpukat juga bermanfaat bagi kesehatan kita, tercatat ada beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah alpukat.
  1. Menyehatkan organ jantung
  2. Mengendalikan gula darah atau kadar glukosa
  3. Mengendalikan tekanan darah
  4. Mengurangi resiko kanker kulit, kanker mulut dan kanker prostat
Meskipun banyak sekali hal baik yang ada di buah alpukat, namun tidak semua orang cocok dengan buah ini. Jika anda termasuk orang yang alergi terhadap alpukat maka hindari buah ini. Jika anda mengetahui manfaat alpukat lainnya yang belum kami tulis, silahkan tambahkan melalui kotak komentar

No comments:

Post a Comment